OBAT TRADISIONAL INDONESIA

 MARI KITA MEMPELAJARI PENGOBATAN HERBAL

- Sarang semut papua

- minyak buah merah

- akar pasak bumi

- bawang dayak


Sarang Semut (myrmecodia pendans) 



  merupakan tanaman obat asal Papua yang sangat berkhasiat untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit secara alami dan aman.  Beberapa peneliti berusaha mengungkapkan ada apa dibalik khasiat luar biasa dari Sarang Semut. Dari hasil penelitian itu ditemukan beberapa senyawa aktif yang mampu meredam berbagai jenis penyakit - Ahli gizi Dr. Mien Karmini  sarang semut mengandung Zat-zat aktif seperti antioksidan,polifenol, dan glikosida  - Dr SubagusWahyuono Apt MSc dari Fakultas Farmasi Universitas Gadjah Mada, glikosida berfungsi sebagai imuno stimulan untuk meningkatkan kekebalan tubuh.  - Dr Mangestuti Agil Apt MS, dosen Fakultas Farmasi Universitas Airlangga Surabaya."Antioksidan itumelindungi sel-sel tubuh agar dapat menjalankan pekerjaan dengan baik.

- Menurut entomolog (ahli serangga), Dr Wijaya, Sarang Semut mengandung senyawa antioksidan, vitamin, dan mineral. " Pada semut, antioksidan berperan dalam pembentukan koloni, menjaga tempat telur jauh dari kuman penyakit, sama seperti pada lebah madu," ujar Wijaya. Ia juga menambahkan bahwa Sarang Semut mengandung asam formiat.  - Hal senada diungkapkan oleh Dr Rosichon Ubaidillah, ahli semut Puslitbang Biologi LIPI.  Rosichon yang kerap keluar-masuk hutan Wamena berpendapat bahwa khasiat Sarang Semut mungkin berasal dari Saliva atau kelenjar liur semut dan mikroba yang berasosiasi dengan semut yang tinggal didalam tanaman tersebut.

- Ahli pengobatan Cina, Prof Muhammad Yusuf yang telah beberapa kali mendengar tentang Sarang Semut, mengatakan sejak 3.000 tahun silam di Cina tanaman Sarang Semut dan semut sudah dimanfaatkan sebagai obat.  "Semut dan Sarang Semut memperbaiki fungsi ginjal. Ginjal mempengaruhi banyak fungsi tubuh," katanya. Willian Aditeja, ahli pengobatan Cina lainnya, mengungkapkan, semut berfungsi menghentikan nyeri,mengatasi rematik, dan melancarkan pembuluh darah.

- Dr. M. Ahkan Subroto, Ahli Peneliti Utama LIPI mengungkapkan bahwa senyawa aktif yang terkandung dalam Sarang Semut itu adalah Flavonoid, Tanin, dan Poliefenol yang berfungsi sebagai antioksidan dalam tubuh.



Minyak Buah merah (pendanus conoidius)



  
adalah tanaman yang masih satu famili dengan tanaman pandan. Pandanus conoideus ini di habitat aslinya (Pulau Papua) I Made Budi, salah seorang dosen di Universitas Cenderawasih Jayapura, meneliti kandungan buah ini,Tokoferol, Alfatokoferol, Betakaroten, Protein, Kalsium, Besi, Fosfor, Vitamin C, Asam Palmitoleatm, Asam  oleat,Asam linoleat, Asam afta linoleat.
Peneliti oleh Fakultas Pangan dan Gizi Institut Pertanian Bogor (IPB) menunjukkan kandungan senyawa kimia: okoferol, Alfatokoferol, Betakaroten, Protein, Kalsium, Besi, Fosfor, Vitamin C, Asam Palmitoleatm, Asam oleat,Asam linoleat, Asam afta linoleat.

Akar Pasak Bumi (Eurycoma longifolia)




  telah digunakan sebagai peningkat gairah seksual dan untuk mengobati berbagai disfungsi seksual dalam pengobatan tradisional. Kini para ilmuwan mendapati keampuhannya dalam mengobati disfungsi seksual. Ada begitu banyak penelitian yang dilakukan untuk menunjukkan bahwa Pasak Bumi meningkatkan kemampuan seksual dan kejantanan. Tigapuluh pria sehat dengan kisaran umur 31-52 tahun diberi 2 kapsul Tongkat Ali setiap hari selama 3 minggu. Dilaporkan performa mereka di ranjang meningkat ereksi lebih kuat dan dalam beberapa kasus bertahan lebih lebih lama.

 Secara keseluruhan, mereka merasa lebih jantan.
 Dr. Ismail Tambi, The Singapore Straits Times, Feb 2003 Dalam penelitian awal di Pusat Riset Reproduksi di Kuala Lumpur, Malaysia, 30 pria yang sudah menikah berusia 31-52 tahun mengkonsumsi Tongkat Ali secara rutin selama 3 minggu berturut-turut.
Wawancara menunjukkan bahwa 48 persen merasa bugar, aktif, dan bertenaga, dan 40 persen merasakan pertambahan gairah seksual.
 Dr. Simon Chua, Departement of Pharmaceutical Sciences, Wayne State University Diperkirakan Eurycoma longifolia bisa menghambat umpan balik negatif ke hipotalamus dan kelenjar pituitary sehingga tubuh terus memproduksi testosteron dalam jumlah yang lebih besar.
 Dr. James Stoxen, University of Illinois, Chicago Dari pengamatan yang dilakukan atas khasiat afrodisiaknya maka dapat diungkapkan bahwa Pasak Bumi adalah suplemen herbal terbaik dari semua herbal dengan fungsi sejenis dalam meningkatkan performa pria secara menyeluruh. Beberapa publikasi yang didasarkan pada penelitian ilmiah dan ulasan medis juga menyingkapkan bahwa Eurycoma Longifoloa efektif dalam meningkatkan kekuatan dan ukuran otot.

BAWANG DAYAK 






Ahli botani Amerika Serikat, Elmer Drew Merrill menyematkan nama ilmiah Eleutherine Americana untuk Bawang Dayak, nama lain Bawang Sabrang, Bawang Berlian atau Bawang Tiwai Kandungan senyawa aktif dalam bawang dayak sangat lengkap sehingga sangat wajar khasiatnya banyak.


 Senyawa ini meliputi alkaloid, steroid, glikosida, flavonoid, fenolik, tanin, dan saponin. Salah satu dari senyawa ini, yaitu flavonoid dapat berkhasiat sebagai antikanker, antiviral, anti-inflamasi, mengurangi risiko penyakit kardiovaskular, serta penangkap radikal bebas. Kekuatan aktivitas antioksidan senyawa flavonoid tergantung pada jumlah dan posisi dari gugus OH dalam molekul flavonoid. Semakin banyak gugus OH, aktivitas antiradikalnya semakin tinggi.


Sumber: Herbaljogja

Related Posts:

0 Response to "OBAT TRADISIONAL INDONESIA"

Posting Komentar